Kehamilan

Apa Itu Radang Gusi pada Kehamilan?

Radang gusi, juga dikenal sebagai gingivitis, adalah kondisi umum yang dapat terjadi selama kehamilan. Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan gusi dan menyebabkan peradangan. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang radang gusi pada kehamilan:

Radang gusi pada kehamilan disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron dalam tubuh. Hormon ini dapat mempengaruhi respons tubuh terhadap bakteri yang terkait dengan plak gigi. Jika plak tidak dihilangkan dengan baik melalui kebiasaan menjaga kebersihan mulut yang baik, maka bakteri tersebut dapat menyebabkan peradangan pada gusi.

Gejala radang gusi pada kehamilan meliputi gusi yang merah, bengkak, dan mudah berdarah saat menyikat gigi atau menggigit makanan. Anda juga mungkin mengalami sensasi gusi yang terasa nyeri atau gatal. Jika tidak diobati, radang gusi dapat berkembang menjadi penyakit periodontal yang lebih serius.

Untuk mencegah dan mengatasi radang gusi pada kehamilan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Menjaga kebersihan mulut yang baik: Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Gunakan benang gigi atau sikat gigi interdental untuk membersihkan sela-sela gigi. Jangan lupa untuk membersihkan lidah juga.

2. Kunjungi dokter gigi secara teratur: Penting untuk menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi selama kehamilan. Dokter gigi dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan membersihkan plak yang sulit dijangkau.

3. Perhatikan pola makan: Hindari makanan manis atau lengket yang dapat meningkatkan risiko terjadinya plak gigi. Konsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan gusi.

4. Hindari merokok: Merokok dapat memperburuk radang gusi dan meningkatkan risiko penyakit periodontal. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti selama kehamilan.

5. Konsultasikan dengan dokter: Jika Anda mengalami gejala radang gusi yang parah atau tidak membaik setelah menjaga kebersihan mulut yang baik, segera konsultasikan dengan dokter gigi atau dokter kandungan Anda. Mereka dapat memberikan saran dan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Penting untuk diingat bahwa radang gusi pada kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan juga dapat berdampak pada kesehatan keseluruhan ibu dan bayi. Dengan menjaga kebersihan mulut yang baik dan berkonsultasi dengan dokter secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko radang gusi dan menjaga kesehatan gigi selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button