KeluargaPernikahan

7 Kunci Menuju Pernikahan Sukses

Ternyata pernikahan sukses tidak sekadar perkara finansial dan romantisme belaka, namun ada kunci-kunci yang perlu dipegang demi hubungan yang langgeng

Ketika Anda terjebak dalam kegembiraan pernikahan Anda, mungkin sulit untuk membayangkan bahwa Anda dan pasangan Anda mungkin tidak akan hidup bahagia selamanya. Namun, berbagi hidup dengan orang lain dapat menjadi sebuah tantangan, terutama jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dalam menjalin hubungan. Pernikahan membutuhkan kerja keras, komitmen, dan cinta, tetapi juga membutuhkan rasa hormat agar benar-benar bahagia dan sukses.

Pernikahan yang didasarkan pada cinta dan rasa hormat tidak terjadi begitu saja. Kedua pasangan harus melakukan bagian mereka. Di bawah ini adalah beberapa kunci penting yang harus dilakukan setiap hari untuk membuat pernikahan Anda sukses.

Berkomunikasi dengan jelas dan sering

Berbicara dengan pasangan Anda adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga pernikahan Anda tetap sehat dan sukses. Jujurlah tentang apa yang Anda rasakan, tetapi bersikaplah baik dan hormat ketika Anda berkomunikasi. Bagian dari komunikasi yang baik adalah menjadi pendengar yang baik dan meluangkan waktu untuk memahami apa yang pasangan Anda inginkan dan butuhkan dari Anda. Jaga agar jalur komunikasi tetap terbuka dengan sering berbicara, dan bukan hanya tentang hal-hal berhubungan dengan anak-anak. Berbagilah pikiran dan perasaan Anda.

Katakan kepada pasangan Anda bahwa Anda bersyukur karena memiliki dia dalam hidup Anda

Hargai satu sama lain, hubungan Anda, keluarga Anda, dan kehidupan Anda bersama. Tunjukkan rasa terima kasih saat pasangan Anda memasak makan malam, membantu anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah, atau berbelanja bahan makanan. Mungkin ada baiknya Anda meluangkan waktu beberapa menit setiap malam untuk saling memberi tahu satu sama lain setidaknya satu hal yang Anda hargai pada hari itu.

Luangkan waktu untuk Anda berdua sebagai pasangan

Dengan tanggung jawab pekerjaan dan keluarga, mudah sekali untuk kehilangan faktor romantisme. Rencanakanlah kencan khusus, baik untuk pergi keluar atau hanya berdiam diri di rumah. Jika Anda memiliki anak, ajaklah mereka bermain sambil bersantai, mengobrol, dan menikmati kebersamaan satu sama lain.

Rencanakan waktu pribadi

Waktu sendiri sama pentingnya dengan waktu bersama pasangan. Setiap orang membutuhkan waktu untuk mengisi ulang tenaga, berpikir, dan menikmati minat pribadi. Waktu tersebut sering kali hilang saat Anda menikah, terutama jika Anda memiliki anak. Pergilah keluar dengan teman-teman, ikuti kelas, atau lakukan pekerjaan sukarela, apa pun yang menurut Anda dapat memperkaya diri Anda. Saat Anda kembali bersama pasangan, Anda akan lebih menghargai satu sama lain.

Pahami bahwa tidak apa-apa untuk tidak setuju

Anda tidak akan setuju pada semua hal, tetapi penting untuk bersikap adil dan saling menghormati saat berselisih pendapat. Dengarkan sudut pandang pasangan Anda. Cobalah untuk tidak marah dan jangan biarkan diri Anda menjadi terlalu frustrasi. Pergilah dan tenangkan diri Anda jika perlu, lalu diskusikan kembali masalahnya saat Anda berdua sudah berada dalam kondisi yang lebih baik.

Membangun kepercayaan

Terapis dan peneliti pernikahan John Gottman, Ph.D., telah menemukan bahwa kritik, penghinaan, sikap defensif, dan sikap keras kepala merupakan ancaman serius bagi sebuah pernikahan. Semakin sering pasangan terlibat dalam kegiatan yang merusak ini, semakin besar kemungkinan mereka untuk bercerai. Penelitiannya selama puluhan tahun dan bekerja dengan pasangan telah menunjukkan bahwa pasangan yang tetap bersama tahu bagaimana bertengkar tanpa bermusuhan dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Mereka juga lebih cenderung merespons dengan cepat keinginan satu sama lain untuk berbaikan setelah bertengkar dan memperbaiki hubungan.

Belajarlah untuk memaafkan

Semua orang membuat kesalahan. Pasangan Anda mungkin menyakiti perasaan Anda atau melakukan sesuatu yang membuat Anda kesal, dan hal tersebut dapat membuat Anda marah, bahkan geram. Namun, penting untuk menghadapi perasaan Anda, melepaskannya, dan melanjutkan hidup. jangan terus mengungkit-ungkit masa lalu.

Ingatlah untuk tetap berkomitmen pada pasangan Anda, keluarga Anda, dan kehidupan yang telah Anda bangun bersama. Saling mendukung satu sama lain secara emosional dan dalam kehidupan sehari-hari. Anda, pasangan Anda, dan hubungan Anda dapat tumbuh dan berubah seiring berjalannya waktu, tetapi ide-ide ini dapat membantu pernikahan Anda tetap sukses selama bertahun-tahun.

Begitulah tips kunci sukses dalam berumah tangga, semoga bermanfaat ^^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button