Kehamilan

Beberapa Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Selama Hamil

Kehadiran bayi dalam keluarga ialah momen yang penuh kebahagiaan dan harapan. Namun, di balik kebahagiaan ini, terdapat peran besar yang harus dijalani oleh seorang ibu dalam menjaga kesehatan dirinya sendiri maupun janinnya yang sedang berkembang dalam kandungan.

Nutrisi yang tepat selama masa kehamilan menjadi pondasi utama dalam memastikan perkembangan janin yang sehat dan juga demi proses persalinan yang lancar nantinya.

Lantas, apa saja nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu selama masa kehamilan? Nah, berikut uraian lengkapnya.

1. Asam Folat (Vitamin B9)

Asam folat merupakan salah satu vitamin yang paling penting selama kehamilan karena membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang sedang berkembang dalam kandungan. Pasalnya, Bumil yang kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan cacat tabung saraf.

TemanMama yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi asam folat setidaknya satu bulan sebelum hamil dan melanjutkan asupannya hingga trimester pertama.

2. Zat Besi

Zat besi penting untuk produksi sel darah merah yang memungkinkan tubuh membawa oksigen ke seluruh organ dan jaringan, termasuk janin dalam kandungan. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan anemia pada Bumil dan juga berpotensi menghambat pertumbuhan janin.

Karena itu, konsumsi makanan kaya akan kandungan zat besi, seperti daging merah, sayuran berdaun hijau, dan oat sangat disarankan bagi ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga.

3. Kalsium

Kalsium diperlukan oleh tubuh Bumil untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada janin, serta demi menjaga kesehatan tulang ibu. Kekurangan kalsium selama kehamilan dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang pada ibu dan mengganggu perkembangan tulang janin. Beberapa produk susu, seperti keju, susu, ataupun yoghurt ialah sumber kalsium yang baik.

4. Vitamin D

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, yang mana hal ini sangat penting selama kehamilan. Selain itu, vitamin D juga berperan dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh janin. Namun, bagi TemanMama yang memiliki risiko kekurangan vitamin D, seperti misalnya tinggal di daerah dengan sinar matahari yang minim, untuk mencukupi kebutuhan vitamin D bisa dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Memastikan asupan nutrisi yang terpenuhi selama masa kehamilan adalah kunci untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai program suplemen, karena kebutuhan nutrisi setiap wanita bisa berbeda-beda. 

Dengan perhatian yang tepat terhadap nutrisi, TemanMama dapat memastikan bahwa proses kehamilan bisa berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan bayi yang sehat ke dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button