Kesehatan

Beberapa Pilihan Makanan yang Bisa Dikonsumsi Anak Saat Terkena Diare

Ketika anak sedang diare, TemanMama harus lebih selektif dalam memberikan makanan yang akan si kecil konsumsi. Pasalnya, selektif dalam makanan untuk anak diare sangat penting supaya kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh anak tetap terpenuhi. Apabila TemanMama salah memberikan makanan, kondisi anak mungkin bisa menjadi lebih parah.

Pada anak-anak, penyebab diare yang cukup umum ialah akibat infeksi virus rotavirus. Dan kondisi ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam 2 sampai 5 hari. Meskipun begitu, diare bisa membuat si kecil terlihat lemas serta mengalami dehidrasi.

Itulah sebabnya penting bagi TemanMama untuk memberikan anak minuman dan makanan yang cukup agar si kecil tidak mengalami dehidrasi. Beberapa pilihan makanan untuk anak diare juga dapat membantu meredakan gejala diare yang dialami si kecil.

Berikut ialah beberapa makanan yang bisa TemanMama berikan pada anak saat ia mengalami diare, seperti:

1. Sup Ayam

Makanan pertama yang bisa diberikan saat anak mengalami diare ialah sup ayam. Sup ayam yang hangat dapat menjadi comfort food bagi si kecil yang sedang mengalami diare. Selain mengandung komposisi bahan-bahan makanan yang bergizi, sup ayam juga dapat memberikan cairan yang diperlukan si kecil supaya ia terhindar dari dehidrasi.

2. Pisang dan Buah-buahan Segar Lainnya

Pisang yang memiliki tekstur lunak dan lembut juga cocok diberikan pada anak yang sedang mengalami diare karena buah ini mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, pisang diyakini mampu memadatkan feses serta membantu menghentikan diare.

Selain pisang, TemanMama juga dapat memberikan buah-buahan segar lainnya, seperti blueberry, apel, jambu biji, ataupun lemon.

3. Yoghurt

Walaupun produk susu tidak dianjurkan diberikan pada anak yang sedang mengalami diare, tapi hal ini pengecualian bagi yoghurt. Pasalnya, yoghurt mengandung prebiotik yang merupakan bakteri baik dan dapat membantu usus untuk sembuh lebih cepat.

4. Gandum Utuh dan Kentang Rebus

Roti maupun sereal yang terbuat dari gandum utuh, dan juga oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu memadatkan feses, sehingga baik untuk dikonsumsi ketika si kecil mengalami diare.

Selain makanan yang terbuat dari gandum utuh, makanan yang mengandung pati, seperti kentang juga dapat memberikan nutrisi, sekaligus bisa membantu mengatasi diare pada anak.

5. Sayuran yang Dimasak

Sayuran ialah makanan berserat tinggi yang sangat baik diberikan ketika anak sedang mengalami diare. Beberapa sayur-sayuran yang dapat TemanMama berikan, seperti jamur, wortel, asparagus, bit, dan zucchini.

Nah, itulah beberapa pilihan makanan yang baik untuk diberikan pada anak yang sedang mengalami diare. Apabila si kecil tidak kunjung membaik setelah 5 hari, segera bawa anak ke dokter supaya ia bisa mendapat penanganan medis yang tepat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button