Balita

Si Kecil Tidak Suka Makan Ikan? Begini Tips Mengatasinya

Mengkonsumsi ikanĀ  sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk anak-anak. Pasalnya, ikan kaya akan kandungan protein, omega-3, dan berbagai nutrisi penting lainnya yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, tidak bisa dipungkiri juga bahwa tidak semua anak suka makan ikan.

Nah, jika anak TemanMama ialah termasuk yang tidak menyukai ikan, TemanMama perlu simak artikel ini. Karena dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa tips yang dapat dilakukan agar anak lebih suka makan ikan.

1. Memperkenalkan Ikan Sejak Dini

Memperkenalkan ikan pada anak sejak ia masih kecil bisa menjadi langkah awal yang baik. Anak-anak yang terbiasa dengan berbagai jenis makanan sejak dini cenderung lebih terbuka untuk mencoba makanan baru. Karena itu, untuk memperkenalkan ikan pada anak, mulailah dengan ikan yang memiliki rasa yang lebih ringan, seperti ikan cod atau ikan tilapia.

2. Membuat Variasi Hidangan

Anak-anak bisa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Maka dari itu, cobalah variasikan cara penyajian ikan. TemanMama bisa menggoreng, memanggang, membuat sup, atau bahkan membuat hidangan ikan yang menarik, seperti sushi atau fish sticks buatan sendiri. Dengan memvariasi hidangan ikan, ini akan membuat anak lebih tertarik untuk mencoba.

3. Mengajak Anak Memasak Bersama

Mengajak anak-anak untuk ikut serta dalam proses memasak ikan bisa meningkatkan minat mereka untuk makan. Biarkan si kecil membantu memilih ikan di pasar, menyiapkan bahan-bahan, dan membantu TemanMama memasak. Ketika anak terlibat dalam proses memasak, anak akan merasa lebih bersemangat untuk mencoba hasil masakannya sendiri.

4. Menggunakan Bumbu dan Saus Favorit Anak

Rasa ikan yang kuat, terkadang bisa menjadi alasan anak tidak menyukainya. Karena itu, TemanMama bisa mencoba menggunakan bumbu dan saus favorit anak untuk mengurangi rasa yang mungkin tidak disukai anak. Misalnya, memasak ikan panggang dengan saus tomat, mayones, atau saus keju bisa menjadi pilihan yang menarik untuk mengurangi rasa amis dari ikan.

5. Menyajikan Ikan dalam Porsi Kecil

Anak yang tidak menyukai ikan juga bisa disebabkan karena merasa terintimidasi oleh porsi makanan yang terlalu besar. Karena itu, cobalah menyajikan ikan dalam porsi kecil terlebih dahulu. Ini akan membantu anak merasa tidak terlalu terbebani untuk menghabiskan makanan dan lebih terbuka untuk mencoba makanan baru.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan si kecil akan menjadi lebih suka dalam makan ikan agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya. Yang terpenting ingatlah, bahwa setiap anak berbeda, jadi mungkin perlu waktu dan usaha untuk menemukan cara yang paling efektif untuk masing-masing anak mengatasi tantangan ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button