Kesehatan

Cara Sederhana Mengobati Muntaber Anak secara Alami

Muntaber atau gastroenteritis adalah kondisi di mana seseorang mengalami muntah dan diare secara bersamaan. Pada anak-anak, kondisi ini bisa sangat mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya. Mengobati muntaber pada anak secara alami adalah pilihan yang bisa TemanMama pertimbangkan, terutama jika kondisi muntaber pada anak masih dalam tahap ringan.

Kondisi muntaber yang masih dalam kategori ringan bisa diobati dengan bahan-bahan alami yang tidak kalah ampuh dengan penggunaan obat-obatan kimia. Nah, berikut ialah beberapa cara sederhana mengobati muntaber pada anak secara alami.

1. Menjaga Anak tetap Terhidrasi dengan Oralit Alami

Langkah pertama dan terpenting dalam mengobati muntaber pada anak adalah dengan mencegahnya terkena dehidrasi. Salah satu cara alami untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan memberikan larutan oralit buatan sendiri. Campurkan satu sendok teh garam dan delapan sendok teh gula dalam satu liter air matang. Berikan larutan ini sedikit demi sedikit pada anak, terutama setelah anak mengalami muntah atau buang air besar.

2. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mengandung elektrolit alami, seperti kalium dan natrium, yang bisa membantu mengembalikan cairan tubuh anak yang hilang. TemanMama bisa memberikan air kelapa muda segar pada anak secara berkala untuk membantu mengatasi dehidrasi. Selain itu, pastikan air kelapa yang diberikan pada anak adalah yang segar dan tidak mengandung tambahan gula atau bahan pengawet.

3. Berikan Air Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu meredakan gejala muntah dan diare. TemanMama bisa membuat teh jahe dengan merebus beberapa potong jahe segar ke dalam air selama beberapa menit. Setelah hangat, saring airnya dan tambahkan sedikit madu. Berikan teh jahe ini pada anak dalam jumlah kecil namun sering.

4. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang membantu menyeimbangkan kembali bakteri baik di dalam usus. Hal ini penting untuk mengembalikan kesehatan saluran pencernaan setelah infeksi. Pilihlah yogurt tanpa tambahan gula dan berikan dalam porsi kecil kepada anak. Yogurt juga bisa dicampur dengan buah-buahan seperti pisang untuk meningkatkan nutrisinya.

5. Berikan Air Tajin

Air tajin, atau biasa juga dikenal sebagai air beras, adalah cairan yang dihasilkan dari air rebusan beras. Cairan ini dapat membantu mengurangi frekuensi diare dan memberikan sedikit nutrisi yang mudah dicerna oleh tubuh anak. Untuk membuat air tajin, rebus setengah cangkir beras dalam enam gelas air hingga beras matang. Selanjutnya, saring dan ambil airnya, lalu berikan air ini kepada anak dalam porsi kecil.

Mengobati muntaber pada anak secara alami dapat dilakukan dengan menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi, memberikan makanan dan minuman yang mudah dicerna serta mengandung elektrolit, dan memastikan si kecil mendapatkan cukup istirahat.

Namun, jika gejala muntaber pada anak tidak kunjung membaik dalam beberapa hari atau anak menunjukkan tanda-tanda dehidrasi parah, seperti mulut kering, mata cekung, atau frekuensi buang air kecil berkurang drastis, segera konsultasikan dengan dokter agar anak bisa mendapat pengobatan yang tepat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button